Kenapa Pilih ASUS ZenBook? Notebook Ringan dengan Spek Dewa

Kenapa Pilih ASUS ZenBook? Laptop Ringan dengan Spek Dewa - Halo teman-teman kembali lagi dengan saya Bayuaji Hadiyanto, kali ini saya akan mereview sebuah Laptop baru keluaran dari Asus.  Asus memang merupakan salah satu merek yang memiliki cukup banyak produk berkualitas. Tidak hanya laptop dan handphone, notebook keluaran Asus pun tak kalah menarik. Saat ini Asus telah meluncurkan notebook terbarunya dengan tipe Asus ZenBook 3 UX390. Laptop dengan body tipis dan desain yang elegan diyakini akan cocok untuk para eksekutif dan pebisnis muda.

ZenBook 3 telah membawa perubahan yang lebih bersaing dengan nama baru ASUS ZenBook 3 UX390. Nah, ini dia keluaran terbaru pabrikan ASUS yang akan membawa perubahan dalam hidup Anda pula. Namun, apa sajakah fitur, spesifikasi, dan kelebihan dari ZenBook 3 ini? Dalam artikel ini akan saya ulas secara lengkap dan tuntas serta saya akan berikan bukti keunggulan dari alat canggih yang satu ini. Jadi, tetap stay tune dan simak ulasan berikut untuk lebih memantapkan hati untuk membeli satu unit ASUS ZenBook 3 terbaru.

Kenapa Pilih ASUS ZenBook? Laptop Ringan dengan Spek Dewa


Performa Asus ZenBook 3 UX390



Performa sistem komputasi notebook ini ditenagai prosesor generasi ke-7 buatan intel dengan kode Kabylake. Jika dibandingkan dengan Intel Skylake, prosesor Intel Kabylake memiliki peningkatan TDP-up menjadi 2.9 Ghz. Sementara Intel Skylake TDP-up-nya hanya 2.6 Ghz. Asus ZenBook 3 UX390 menggunakan prosesor hemat daya Intel Core i7-7500U. Huruf U di belakang menandakan bahwa prosesor yang digunakan adalah untuk komputer jinjing atau ultrabook.

Prosesor yang dimiliki oleh Asus ZenBook 3 UX390 didukung memori 16 GB dengan tipe DDR3 dan konfigurasi memori dual channel. Fitur ini mampu yang bisa membuat proses komunikasi antara prosesor dengan RAM berjalan simultan. Sehingga saat proses start-up serta membuka aplikasi terasa berjalan lebih cepat.

Untuk proses baca atau tulis notebook Asus ZenBook 3 UX390 didukung memori storage berbasis NVMe SSD yang berukuran 500 GB. Dengan teknologi Non-Volatile Memory, dalam pengolahan proses komputasi bertindak dengan sangat cepat. Bahkan hingga 64.000 perintah dengan hingga 64.000 antrian dalam satu waktu sekaligus.


Memang hanya terdapat satu port konektivitas USB 3.1 Type C. Tetapi kecepatan transfernya sudah mencapai 10 Mbps. Dan Anda tidak perlu khawatir, karena telah disediakan dongle khusus yang terdiri dari HDMI, USB 3.0 Type A dan port USB Type C. Port konektor ini bisa digunakan untuk mengisi daya, display port, dan mentransfer data. Asus ZenBook 3 UX390 juga telah dilengkapi dengan operating system windows 10. Sehingga tentu saja lebih memudahkan dalam pekerjaan Anda.

Desain Asus ZenBook 3 UX390




Asus ZenBook 3 UX390 memiliki desain yang ramping dan bobot ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Paduan warna yang elegan membuat notebook ini sangat cocok digunakan oleh pebisnis muda. Desain khas ZenBook yakni Concentric Circle Design masih dipertahankan pada panel LID covernya. Tidak ketinggalan logo ASUS berwarna keemasan di bagian tengah.


Terdapat tiga pilihan warna untuk notebook Asus ZenBook 3 UX390, yaitu rose gold, quartz grey, dan royal blue. Proses Asus ZenBook 3 UX390 melalui desain pahatan diamond cut. Proses anodizing atau anodiasasi juga ditambahkan untuk memperkuat struktur lapisan aluminiumnya. Hal ini dapat memperkuat lapisan protektif alami pada logam sehingga ketahanannya terhadap korosi semakin kuat.

Spesifikasi Layar, Keyboard, dan Speaker



Asus ZenBook 3 UX390 memiliki layar dengan panel beresolusi Full HD. Besaran color gamutnya hingga 72% dengan panel NTSC. ZenBook 3 keluaran dari ASUS ini memperkenalkan layar yang didesain dengan Corning Gorilla Glass 4 dan body yang dilapisi dengan aluminium kecuali panel plastik pada bagian bawah. Bezel yang sangat tipis mencapai 7.6mm membentuk rasio layar dan body sekitar 82%. Tampilan dengan sudut pandang 178 derajat dan 12.5 inci menawarkan sebuah kenyamanan penuh didukung oleh Full HD dan warna yang tajam “royal blue” dengan kesan mewah dan sentuhan “kerajaan”.


Dengan layar yang sangat tipis hingga 12 inci, Anda akan merasakan keringanan spesial yang ditawarkan oleh ASUS. Konsep yang sangat menonjol hampir sama dengan Apple MacBook yaitu terletak pada dimensi dan beratnya. Ya, kebaruan ASUS kali ini milimeter lebih tipis dan ringan 10 gram. Ketebalan bezel pada Asus ZenBook 3 UX390 hanya 7.6 mm, sehingga wajar jika notebook ini sering disebut bezel less. Layar Asus ZenBook 3 dapat menampilkan kecerahan gambar yang sangat tinggi, bahkan hingga 300 nits. Nilai kekontrasannya juga sangat tinggi, yaitu hingga mencapai 1000:1. Agar tampilan visualnya dapat optimal, Asus mengembangkan beberapa software khusus, yaitu Asus Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.


Sedangkan keyboard Asus ZenBook 3 UX390 berfitur chicklet dengan travel distance atau tingkat kedalaman tekanannya mencapai 0.8 mm. Sehingga tubuh tetap terasa nyaman meskipun digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Sensor fingerprint pun ditambahkan dalam notebook ini sehingga dapat menambah kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan perangkat ini.

Sensor Sidik Jari



Touchpad ini sudah mendukung Precusuin Touch Pad (PTP) yang merupakan fitur smart gesture untuk membuat pengoperasian touchpad lebih nyaman.



Contohnya saat hendak melakukan klik kiri, maka cukup menyentuh satu jari pada touchpad. Kemudian jika Anda ingin melakukan drag, cukup menggunakan satu jari dan geser ke arah yang diinginkan. Apabila Anda ingin melakukan zoom in/out, dapat dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Desain Touchpad pun dibuat dengan lebih luas sehingga pengguna lebih nyaman dan tidak perlu menggunakan mouse saat mengoperasikan perangkat ini.

Thermal System (Sistem Pendingin)



Laptop ASUS Zenbook 3 UX390 ini dilengkapi dengan fitur Thermal System atau sering disebut sebagai sistem pendingin. Laptop yang memiliki spesifikasi yang hebat membutuhkan sistem pendingin yang hebat juga karena hardware yang di dalam laptop tersebut akan bekerja dengan keras untuk menghasilkan performa yang maksimal. ASUS Zenbook ini menghadirkan Kipas Cairan Krystal Polymer (Liquid-Crystal Polymer Fan) 0,3mm dan Tembaga Pipa Panas (Copper-Alloy Heat Pipe) sehingga kalian tidak perlu takut overheat ketika kalian bekerja seharian menggunakan Notebook ini.

Audio SonicMaster



Speaker yang digunakan pada Asus ZenBook 3 UX390 menggandeng pabrikan audio asal Amerika Harman/Kardon untuk memberi kualitas audio terbaik. Bahkan Asus berani mengklaim bahwa notebook ini memiliki keluaran suara dua kali lebih kencang dibanding notebook premium lain. Terdapat empat buah speaker pada Asus ZenBook 3 UX390 ini, dengan dua buah di atas dan dua sisanya di bawah, dekat dengan palmrest.  Asus melengkapi notebook ini dengan 4 speaker kualitas tinggi terpisah dengan 4 ampli pintar yang mampu menghasilkan suara surround. Setiap speaker memiliki tugas masing-masing. Dua speaker di atas untuk bass dan frekuensi sedang, sedangkan dua lainnya untuk frekuensi sedang hingga tinggi. Speaker bawah ini juga memiliki 5 magnet sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih keras. 


Kualitas keluaran suara juga bisa diatur lebih lanjut sesuai keinginan pengguna dengan memanfaatkan aplikasi Audio Wizard. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna memungkinkan untuk melakukan setting sendiri dalam lima mode suara. Yakni music mode, movie mode, gaming mode, speech mode, recording mode atau bisa juga mematikannya.

Berikut ini saya hadirkan spesifikasi dari Asus ZenBook 3 UX390:

Tipe Spesifikasi
ASUS ZenBook 3 UX390UA
CPU
Intel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.5GHz)
Sistem Operasi
Windows 10
RAM
16GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Layar
12.5″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Glare Panel with 72% NTSC
Grafik
Intel® HD Graphics 620
Penyimpanan
512GB PCIe *4 M.2 SSD (Solid State Drives)
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard
Camera
VGA Web Camera
Konektivitas
Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
- Harman Kardon Speaker w/ Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
- ASUS SonicMaster Premium Technology
Power Adaptor
- Output : 20V DC, 2,25A, 45W
- Input : 100 - 240V AC, 50/60 Hz Universal
Ports
1x USB 3.0 Type-C
Input/Output
1 x combo audio jack, 1 x USB 3.1 Type-C port, Fingerprint Reader
Baterai
6 Cells 40 Whrs Polymer Baterai
Berat
910 gram termasuk baterai
Dimensi
296 x 191,2 x 11,9 mm
Warna
Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey
Aksesoris
Exclusive Sleeve, Mini dock
Garansi
2 Tahun Garansi Global





Kenapa Harus Pilih ASUS ZenBook 3?


Dengan layar yang sangat tipis hingga 12 inci, Anda akan merasakan keringanan spesial yang ditawarkan oleh ASUS. Konsep yang sangat menonjol hampir sama dengan Apple MacBook yaitu terletak pada dimensi dan beratnya. Ya, kebaruan ASUS kali ini milimeter lebih tipis dan ringan 10 gram.

Penampilan ZenBook 3 dari ASUS ini sangat menarik dan menggoda bahkan pada bagian ultrabook yang dilengkapi dengan memori yang besar dan prosesor Intel Core i7-7500U terbaru. Beratnya pun kurang dari satu kilogram dengan dukungan tubuh yang sangat ramping dan tipis cocok untuk diakses dalam perjalanan. ASUS ZenBook 3 nampak sedikit lebih tebal dari pada smartphone dan lebarnya hanya dua “bilah” dengan display setinggi 5 inci. Meskipun terlihat tipis, bodynya tidak nampak rumit dan semua bagian  laptop ini terbuat dari aluminium kecuali panel plastik bagian bawah.

Di samping penampilan yang kece, laptop ultra tipis ternyata memiliki performa yang tak terduga. Teknisi ASUS telah berhasil menempatkan semua komponen yang sangat rumit untuk ZenBook 3. Nah, hasilnya pun sangat memuaskan dengan produk laptop ASUS terbaru dengan prosesor Intel Core i7, RAM 2133MHz LPDDR3, dan didukung dengan memori 16GB dan port  USB type-C, USB 3.0 tipe-A, HDMI, D-Sub, RJ-45, dan juga pembaca kartu SD. Port ASUS ZenBook 3 UX390 hanya ada dua yakni jack 3,5mm untuk headset di sisi kiri dan USB 3.1 Type-C di sebelah kanan. Sungguh praktis bukan?

Dengan kelengkapan Windows 10 Pro dan tampilan visual yang sangat nyata membuat ASUS ZenBook 3 UX390 semakin menantang. Selain fitur pendukung di atas, sistem thermal atau pendingin untuk laptop canggih ini bisa dikatakan paling dingin dari MacBook yang lain. Kenapa? Ya, dengan kekuatan prosesor Intel Core i7 telah dirancang sistem pendingin baru seperti kipas cairan kristal polimer yang sangat tipis mencapai 0.3mm dan juga tembaga pipa panas yang berdinding 0.1mm.

Dengan ketebalan 3mm, sistem pendingin dapat dengan mudah udara panas yang dihasilkan oleh laptop dialirkan melalui ventilasi yang tidak terlihat pada engsel. Jangan khawatir, pendingin laptop tidak menghasilkan suara bising.

Nah, kenapa pilih ASUS ZenBook 3? Alasan selain di atas ternyata ada lagi yaitu terletak pada baterai. Ya, laptop ini amat sangat cocok bagi Anda yang bekerja sepanjang hari di depan layar laptop pribadi. Mengapa saya rekomendasikan ZenBook 3? ASUS kali ini benar-benar membuat para pelanggan dan non-pelanggan terpikat dengan sistem charging baterai yang hanya bisa dilakukan dalam hitungan menit. Anda dapat menggunakan laptop hingga 9 jam tanpa khawatir karena rancangan khusus baterai yang mengusung lithium-polimer berkapasitas 40 Wh yang terbilang sangat tinggi. Anda hanya perlu 49 menit saja hingga pengisian 60%, cepat bukan?

Perbandingan Performa ZenBook 3 UX390 Dengan Yang Lain


Berikut ini saya hadirkan sintetik tes Asus Zenbook 3 UX390 dengan merek lainnya:



Apakah Anda masih dilema untuk memilih ZenBook 3 atau merek lain? Tentu ini adalah pilihan yang sangat berat bagi Anda dengan alasan kenyamanan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Lalu, apa perbandingan ZenBook 3 dengan merek yang lain? ASUS ZenBook memanglah pesaing tangguh dan terkuat mulai dari sisi kualitas, spesifikasi, dan performa.

Dari body ZenBook 3 pun sudah jelas menang sebagai laptop yang sangat tipis mencapai 12.5 inci dari MacBook Air hingga 13 inci. Selain itu, tampilan layar dengan anti gores gorilla, ZenBook 3 memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dengan spektrum warna 72% NTSC lebih mantap dari pada MacBook Air. Dukungan konektivitas ZenBook dilengkapi dengan koneksi yang terbaik yaitu fitur Bluetooth 4.1 yang memang hemat listrik dan Wi-Fi dual-band 802.11 ac wireless yang bahkan lebih cepat dari MacBook Air.


Untuk prosesor, ZenBook 3 memiliki beberapa pilihan intel core i5 dan i7. Sedangkan MacBook memiliki prosesor intel core i5 dual-core 1.3 GHz dengan SSD dan 8 GB RAM. ZenBook didesain dengan RAM yang lebih besar 16 GB RAM jenis LPDDR3 dengan kecepatan 2133MHz yang 2x lipat lebih cepat dibandingkan dengan MacBook lainnya. Keuntungan pun bisa didapatkan dari SSD yaitu lebih dingin, ringan, dan baterai lebih awet serta multitasking.

ZenBook 3 sudah dilengkapi dengan fitur keren yaitu fingerprint sensor yang membantu Anda untuk menjaga keamanan laptop dari tangan-tangan jahat. Dari suara audio, ASUS mendesain laptop terbarunya dengan suara yang sangat memukau dengan kelengkapan ASUS Golden Ear dan spesialis audiophile Harman Kardon melalui teknologi audio ASUS SonicMaster. Buktikan sendiri kualitas audio dari laptop ZenBook 3 dan bandingkan dengan yang lainnya. Hasilnya akan benar-benar memukau Anda.

Ukuran yang mudah dibawa kemana-mana, ZenBook 3 memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuka dan melipat laptop sesuai kebutuhan dimana pun dan kapan pun. ZenBook 3 didesain menjadi 2 bagian yaitu intel core i5 dan intel core 7. Masing-masing memiliki keunggulan yang hampir sama dengan Windows 10 Home dengan kelengkapan fitur grafis. Untuk intel core i5, laptop ini dilengkapi dengan memori RAM 4GB dan untuk intel core i7 bermemori RAM 16 GB.

Kesimpulan


Nah, sudah jelas bukan bagaimana penampilan yang mempesona dan performa yang tak terbayangkan dari ZenBook 3? Dari review ASUS ZenBook 3 UX390 di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa laptop model terbaru ini merupakan alat canggih baru yang memiliki body yang paling slim dilengkapi dengan layar anti gores gorilla yang mampu menjaga kemulusan laptop ini jika suatu ketika teradi goresan yang tidak disengaja.

Dengan tampilan yang mewah dan fashionable, ZenBook 3 mempersembahkan laptop dengan komponen terlengkap Intel Core i7 dan kapasitas penyimpanan mencapai 1TB SSD dan RAM 16 GB. Mobilitas jenis laptop ini didesain tanpa batas. Anda dapat menikmati film, lagu, dan foto untuk setiap HDTV-WiDi. Namun, dengan kelengkapan yang ada, ZenBook 3 tidak mendukung banyak untuk game namun lebih besar pada multitasking.

Software yang ekslusif mampu membantu Anda untuk menyimpan berbagai jenis dan muatan data dengan cepat, nyaman, serta aman dimana pun dan kapan pun Anda mengaksesnya. Didukung dengan kekuatan baterai, Anda dapat melakukan pekerjaan dalam perjalanan dengan sistem charging super cepat.

Oleh karena itu, ASUS ZenBook 3 UX390 memiliki kelebihan secara keseluruhan dari desain yang tipis dan ringan hingga performa yang cukup mencengangkan. Kesempurnaan ZenBook mampu bersaing dengan MacBook lainnya berkaitan dengan mobilitas serta kinerja prosesornya yang lebih unggul. Selain itu, kelas ASUS ZenBook 3 ini telah dilengkapi dengan Windows 10 Home pre-installed. Harga laptop ini dibandrol sekitar 27 juta ke atas. Wow, performa spektakuler dengan harga yang menakjubkan pula.

Dengan berbagai fitur terbaik yang ditawarkan oleh Asus, hal ini membuat notebook ASUS ZenBook 3 UX390 terlihat sangat menarik. Ditambah lagi laptop ini telah dilengkapi sistem operasi berupa windows 10 dan prosesor hemat daya Intel Core i7-7500U sehingga semakin membuat pengguna merasa nyaman. Desain yang diberikan juga sangat menawan dengan pilihan warna yang sangat elegan. Sangat cocok digunakan oleh para eksekutif atau pebisnis muda yang trendy. Dengan desain yang tipis, stylish, dan bezel less membuat penampilan notebook ASUS ZenBook 3 UX390 sangat indah dipandang.


Nah, demikian ulasan yang saya berikan untuk Anda. Tips dari saya sebelum Anda membeli laptop yaitu kenali lebih dalam calon laptop sebelum Anda beli secara cash. Jangan lupa untuk terus pantau perkembangan produk terbaru dari ASUS beserta daftar spesifikasi dan harganya. Buat teman-teman yang ingin membeli ASUS ZenBook 3 UX390 bisa langsung ke websitenya ASUS dan kalian juga bisa memenangkan ASUS ZenBook 3 UX390 dengan mengikuti Giveaway di channelnya Gen Halilintar.

Sumber referensi: https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA/
http://selular.id/device/2017/03/review-asus-zenbook-3-ux390-notebook-premium-membuat-kagum/
http://www.computershopper.com/laptops/reviews/asus-zenbook-3-ux390ua/


Add Your Comments

Disqus Comments